Ulasan Ratchet & Clank

Ulasan Ratchet & Clank, Tiba-tiba, semarak petualangan penuh warna ini muncul di dunia PC. Persembahan khas untuk konsol telah mencuri perhatian sejak kemunculannya di PlayStation 5 pada tahun 2021, mengambil dua maskot Sony yang dicintai dan melepaskan mereka dalam sebuah perjalanan yang dirancang untuk memamerkan kemampuan khusus perangkat keras tersebut.

Ini terutama SSD dengan kecepatan luar biasa, yang ditampilkan dengan kisah yang berputar di antara berbagai alam semesta secara mulus. Semua ini membuatnya menjadi sesuatu yang agak aneh untuk diulas di PC pada tahun 2023.

Ulasan Ratchet & Clank

Ayo kita mulai dengan hal yang sederhana. Meskipun Anda sama sekali tidak mengenal seri Ulasan Ratchet & Clank—yang mana, jika Anda adalah pemain PC yang setia, hampir pasti tidak mengenalnya—Rift Apart adalah pengenalan yang mudah dimengerti.

Dalam galaksi fiksi ilmiah yang cerah dan kartun, Ulasan Ratchet & Clank ini mengikuti Ratchet, seorang pahlawan luar angkasa berbulu, dan temannya yang berupa robot, Clank, saat mereka berusaha menyelesaikan krisis antardimensi yang dipicu oleh salah satu musuh lama mereka.

Meskipun ada beban sejarah di sini, dengan banyak referensi untuk para penggemar jangka panjang dan pasangan ini hampir berperan sebagai veteran yang pensiun setelah petualangan-petualangan mereka selama 20 tahun seri Ulasan Ratchet & Clank ini, semuanya cukup mudah dipahami. Clank ingin membantu Ratchet mencari orang-orang yang hilang, Ratchet merasa cemas mengenai hal itu, mereka berdua ingin menyelamatkan alam semesta—sederhana bukan?

Krisis antardimensi ini memberikan alasan yang memadai untuk kisah perjalanan lintas multiverse—dan untuk pengenalan Rivet dan Kit. Keduanya pada dasarnya adalah versi perempuan dari karakter utama, tetapi mereka memiliki kepribadian yang kuat dan menarik, dan sebagai pahlawan-pahlawan baru yang sepenuhnya orisinal, mereka menyuguhkan pandangan yang lebih mudah dipahami bagi para pendatang baru.

Saat Anda berlanjut melalui cerita, Anda bergantian bermain sebagai Ratchet dan Rivet, yang memiliki semua kemampuan dan peralatan yang sama, tetapi memiliki pandangan yang sangat berbeda terhadap dunia.

Gameplay

Aksi dalam Ulasan Ratchet & Clank ini adalah petualangan sinematik murni. Di antara pertempuran reguler dalam pandangan orang ketiga dan platforming ringan, Anda dilemparkan ke dalam adegan-adegan besar yang spektakuler, pertarungan bos yang mewah, dan adegan-adegan potongan yang dirancang dengan penuh kasih, dengan sedikit eksplorasi dan pemecahan teka-teki untuk bumbu.

Jarang ada bagian yang membebani, tetapi tidak membosankan, karena tidak pernah membiarkan ide-idenya terlalu lama dalam permainan sehingga tetap menyegarkan dalam durasi permainan yang santai selama 10-15 jam.

Bagi pemain PS5 pada tahun 2021, ini adalah rekomendasi yang mudah diambil—dengan visual yang halus dan berkualitas tinggi serta performa yang mulus, ini adalah permainan eksklusif yang kokoh, meskipun terasa ringan, seperti naik wahana taman untuk memamerkan apa yang dapat dilakukan perangkat keras Sony. Bagaimana dengan PC pada tahun 2023? Yah… perasaan saya sedikit lebih rumit.

Tidak bisa kita hindari untuk tidak membahas situasi Sony yang tampaknya semakin tertarik pada PC dalam beberapa tahun terakhir, dengan sejumlah porting dari katalog game lamanya, meskipun tidak semuanya berjalan dengan mulus. Yang terbaru, porting The Last of Us ke PC sangat buruk sehingga kami harus memberikan skor ulasan 50% pada salah satu game konsol paling diakui sepanjang masa. Kabar baiknya, Rift Apart tidak mengulangi bencana tersebut.

Kesimpulan

Dengan kartu grafis RTX 3080 dan prosesor AMD Ryzen 9 5900X, Ulasan Ratchet & Clank ini sebagian besar berjalan dengan lancar pada kecepatan 60+ FPS dengan pengaturan maksimal, hanya turun hingga sekitar 45 FPS di beberapa area yang sangat padat. Urutan di mana Anda melompat dengan cepat antara dimensi—awalnya dimaksudkan untuk memamerkan seberapa cepat SSD PS5 dibandingkan dengan hard drive PS4—memiliki beberapa jeda pemuatan yang terasa, tetapi tidak cukup lama untuk mengurangi keindahannya.

Memang, Ulasan Ratchet & Clank ini hampir tidak memiliki waktu pemuatan yang terasa, terlepas dari kecepatan dengan yang Anda bisa berpindah antara level dan planet yang berbeda. Yang sangat mengesankan adalah bahwa ketika saya memindahkan instalasi dari SSD saya ke hard drive, saya hampir tidak melihat perbedaan dalam waktu pemuatan dan performa.

Terdapat berbagai pengaturan grafis dan tampilan yang dapat disesuaikan sesuai selera Anda, termasuk penggeser FOV, efek cuaca yang dapat diatur, dan Anda bahkan dapat memilih bagaimana permainan melakukan peningkatan skala gambarnya.

Beragam opsi pengaturan kontrol memungkinkan Anda mengatur nuansa aksi dalam Ulasan Ratchet & Clank ini, dan terdapat pengaturan khusus untuk para pemain yang ingin menyelesaikan permainan dengan cepat yang memungkinkan Anda menghilangkan beberapa jeda dan elemen gerakan lambat untuk menghemat detik-detik berharga dari waktu Anda. Ini adalah porting yang kuat dan lengkap, seperti yang Anda harapkan dari salah satu penerbit game terbesar di dunia.