Ulasan Gimmick Special Edition

Ulasan Gimmick Special Edition, Dalam benakku, teralun kenangan manis era 90-an yang gemilang. Permainan-permainan sulit seakan merajai hari-hariku sebagai remaja. Terutama, permainan-permainan di arcade, yang memang didesain sulit, namun tak pernah terbayangkan betapa memilukan mereka sampai kusaksikan kembali dalam format modern.

Akan tetapi, perlu diingat, bahwa saya telah memahami akan banyaknya permainan sulit di pasaran, yang tentu harus tetap memenuhi hasrat para pemain yang haus akan tantangan. Namun, yang ingin kuceritakan kali ini adalah sesuatu yang benar-benar berbeda. Permainan yang akan kita telaah hari ini adalah Ulasan Gimmick Special Edition, dan sulit bagi saya untuk percaya bahwa pengendaliku masih utuh tak berubah.

Ulasan Gimmick Special Edition

Pada pandangan awal, Ulasan Gimmick Special Edition terlihat seperti platformer yang penuh warna, yang pertama kali muncul di Famicom pada tahun 1992. Sepertinya, permainan semacam ini cocok berada di arcade apa pun saat itu. Karena produk dari Sunsoft, tentu tak heran jika permainan ini cukup memiliki reputasi kala itu.

Entah karena alasan apa, permainan ini tak pernah melintasi lautan untuk mencapai kita, para penghuni Barat, pada perilisan awalnya. Dan setelah memainkannya, saya mulai mengerti mengapa. Istilah “sulit” terasa begitu minim untuk menggambarkan betapa sulitnya permainan ini.

Mode Normal dari permainan ini memberi kita kemampuan untuk mundur kembali dan menyimpan permainan kapan saja. Dan artikel ini akan merujuk pada mode tersebut, karena hanya dalam tingkat kewarasan itulah saya mampu bertahan. Jika Anda menginginkan tantangan yang lebih kejam, silakan mencoba mode lain sesuka hati Anda.

Meskipun bermain dalam mode Normal, saya amat buruk dalam permainan ini, dan itulah sebabnya artikel ini hanya akan berfokus pada grafis, kontrol, dan nuansa dasar permainan. Jika Anda menginginkan penjelajahan mendalam level demi level, maka Anda harus mencari seseorang yang jauh lebih mahir daripada saya. Saya hanya berhasil sampai bos pertama dan benar-benar hancur, yang seharusnya sudah memberikan gambaran kepada Anda mengenai apa yang sedang saya bicarakan.

Tantangan Tak Terbantahkan

Sejak tampilan pertama kali, Ulasan Gimmick Special Edition terasa sangat sulit. Dino hijau kecil Anda seakan berlari di atas es sepanjang waktu. Hal ini membuat perencanaan loncatan menjadi sulit, dan Anda harus melakukan loncatan yang sangat presisi jika ingin berhasil. Lebih mudah meleset dalam melompat dan mendarat tepat di depan musuh daripada di banyak permainan platform lainnya.

Ini berarti Anda akan sering terkena serangan. Anda juga akan segera melihat bahwa serangkaian musuh bisa datang menghadap Anda dengan jarak yang sangat sempit di antara mereka. Anda perlu mendarat di atas mereka dan menggunakan mereka sebagai jembatan, namun ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ini bukanlah Mario, di mana menendang kepala musuh adalah tindakan umum.

Di Gimmick, musuh bisa menjadi platform yang baik untuk waktu yang singkat, namun permainan ini benar-benar mendorong Anda untuk terus bergerak, jadi Anda tak ingin tinggal lama di tempat. Di tengah segala ancaman yang mengintai untuk membunuh Anda, terdapat lubang dan lonjakan yang mengakibatkan kematian instan, yang kita semua tahu dan cintai, tersebar dengan murah hati di seluruh level.

Karena Gimmick sulit untuk dihentikan setelah bergerak, Anda akan sering kali berkenalan dengan ini. Yang membuat situasi semakin buruk adalah perasaan seperti menggelincir, yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Saya kehilangan hitungan berapa kali saya mendarat di atas suatu platform dan terus bergerak, sebelum akhirnya tergelincir dan tertusuk di dalam lubang lonjakan yang sebelumnya berhasil saya hindari.

Kesenjangan di Tengahnya

Apakah protagonis kita tak berdaya dalam perjalanan ini? Tidak, dia tidak begitu, namun seperti hal lain dalam permainan yang luar biasa sulit ini, senjatanya sangat tergantung pada waktu yang tepat. Anda bisa membuat dan melemparkan bintang yang akan melompat-lompat di sekitar tempat, membunuh apa pun yang disentuhnya.

Ini hebat, namun membutuhkan satu atau dua detik untuk muncul, dan kemudian akan dipegang hingga Anda memutuskan di mana Anda ingin melemparkannya. Mencoba membuatnya mendarat persis di tempat yang Anda inginkan adalah suatu pencapaian tersendiri. Jika Anda bisa mahir menggunakan ini, Anda akan berhasil, namun jangan harap ini akan terjadi dengan cepat.

Cukup banyak basa-basi, Ulasan Gimmick Special Edition adalah platformer yang sangat berwarna, yang merupakan rekreasi sempurna dari apa yang kita harapkan dari permainan arcade pada masa itu. Saya tak memiliki keluhan sama sekali dengan tampilan dan nuansa judul ini, serta suaranya sangat pas sesuai harapan.

Kontrolnya juga sederhana, sehingga saya tak punya keluhan dengan fungsi dasarnya. Satu-satunya masalah adalah kesulitan yang benar-benar mengigit, seperti yang baru saja saya bicarakan. Ini adalah permainan yang jelas dirancang untuk sulit. Kesulitannya tidak berasal dari antarmuka yang berantakan, kesalahan, atau kontrol yang kikuk. Ini adalah apa adanya.

Tantangan Baru untuk Gamer

Jika Anda adalah penggemar platformer yang sedang mencari tantangan baru, maka Ulasan Gimmick Special Edition adalah permainan yang cocok untuk Anda. Beberapa di antara Anda mungkin memiliki bakat alami dalam genre ini dan akan menginginkan permainan yang benar-benar menguji keahlian Anda.

Jika Anda salah satu dari mereka (dan ada banyak di antara Anda), maka saya sangat merekomendasikan untuk menambahkan Ulasan Gimmick Special Edition ini ke perpustakaan Anda. Namun, jika Anda seperti saya, yang hanya menikmati permainan platform sesekali tanpa menjadikannya sebagai genre utama, Anda mungkin tidak akan terlalu jauh sebelum kesenangan berubah menjadi frustrasi.

Fungsi mundur yang baru saja saya singgung adalah fitur yang sangat berguna, dan saya senang hal ini diimplementasikan. Namun, mudah bagi fitur ini menjadi penyangga dan sesuatu yang akan Anda gunakan setiap saat, sesuatu yang sepertinya tidak dirancang untuk itu. Jika Anda harus bergantung pada sesuatu seperti ini sekeras saya, maka Anda sebenarnya tidak bermain permainan ini.

Sebagai poin akhir, saya tidak memberikan penilaian untuk judul ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya tahu bahwa saya tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi mahir dalam Ulasan Gimmick Special Edition, dan saya sangat menyadari hal ini.

Namun, ini tidak membuat Ulasan Gimmick Special Edition ini buruk. Ini adalah permainan yang sangat baik bagi tipe pemain yang tepat. Jika Anda merasa Anda berada dalam kategori yang sama dengan saya, saya akan menyarankan untuk menonton beberapa permainan sebelum mengeluarkan uang Anda. Namun, bagi para pecinta tantangan sejati yang merindukan tingkat kesulitan ini, Anda pasti akan mendapat waktu yang menyenangkan.