Ulasan Disney Illusion Island

Ulasan Disney Illusion Island, Sepanjang rentang waktu yang panjang, karakter-karakter Mickey, Minnie, Donald, dan Goofy telah menjadi salah satu ikon yang paling dikenal di dunia. Namun, telah berlalu beberapa waktu sejak mereka muncul dalam sebuah permainan yang layak untuk diperhatikan – sebuah kebenaran yang berlaku untuk banyak waralaba Disney sejak Disney Interactive ditutup pada tahun 2016.

Maka dari itu, Disney Illusion Island menjadi sesuatu yang seperti sebuah eksperimen; suatu upaya untuk menciptakan sebuah kisah modern Mickey Mouse yang orisinal di dunia baru dengan karakter-karakter baru, dengan struktur Metroidvania (atau yang disebut oleh para pengembang sebagai “Mickeyvania“).

Petualangan Menarik dalam Ulasan Disney Illusion Island

Ulasan Disney Illusion Island membawa Empat Besar ini ke dalam dunia baru yang diberi nama Monoth, sebuah pulau luas yang sebagian besar dihuni oleh makhluk-makhluk mirip tupai bernama Hokun. Pemimpin mereka, Toku, dengan agak menyesatkan mengundang Mickey dan teman-temannya ke pulau tersebut dengan dalih piknik, hanya untuk kemudian mengungkapkan bahwa bahaya besar sedang mengancam.

Nyatanya, tiga buku ajaib yang berisi pengetahuan tentang pulau itu telah dicuri, dan tentu saja hal-hal buruk akan terjadi jika buku-buku tersebut tidak segera dikembalikan ke rak buku ajaib di tengah kota. Sebagai pahlawan yang bersemangat, Mickey setuju tanpa ragu (sedangkan Donald, sebaliknya, dengan keragu-raguan yang signifikan), dan rombongan ini berangkat untuk menjelajahi Monoth dan mencari tahu akar masalahnya.

Sebagai permainan platformer yang berfokus pada eksplorasi, pengaturan Monoth sangat luas dan dirancang untuk dijelajahi dengan mendalam, meskipun para pemain akan dengan cepat menyadari bahwa ada banyak tempat yang tidak dapat diakses segera. Dari sana, pola permainan standar dari genre ini dimulai dengan serius: memilih arah untuk dijelajahi, membuka kemampuan berdasarkan pergerakan, kembali ke rintangan yang sebelumnya tidak bisa diatasi, mengatasi rintangan tersebut, dan seterusnya.

Pada awalnya, yang dapat dilakukan oleh Mickey dan kawan-kawannya hanyalah melompat, tetapi pada akhir permainan mereka akan berenang, melompat dengan keras di tanah, dan bahkan merayap untuk mencapai area-area yang sebelumnya terblokir. Kemampuan-kemampuan ini diberikan dengan kecepatan yang stabil oleh seorang penemu yang hangat namun misterius bernama Mazzy, dan sering kali diberikan tepat ketika saya merasa ingin memiliki peningkatan.

Dalam gerakan yang tidak lazim untuk genre ini, Ulasan Disney Illusion Island sama sekali tidak memiliki pertarungan di dalamnya – tanpa tombol serangan, interaksi dengan dunia terbatas sepenuhnya pada cara melaluinya dan menghindari bahaya. Ada banyak rintangan yang menghalangi Anda, mulai dari makhluk-makhluk mirip bulu babi yang naik di dinding hingga tanaman yang berdenyut dan menembakkan duri di seluruh layar, tetapi tidak ada cara untuk mengatasi mereka – menghindari adalah tujuan permainan ini.

Tantangan Menarik

Pertemuan dengan bos sedikit memecah pengalaman ini – ada empat bos yang tersebar dengan cukup merata di seluruh permainan – dan bagi saya, ini adalah salah satu bagian yang paling menarik dari Ulasan Disney Illusion Island. Pada dasarnya, mereka bertindak sebagai ujian beberapa kemampuan pergerakan yang seharusnya sudah dikuasai oleh pemain pada saat itu, sehingga pemain yang sudah pernah melakukan lompat dinding dan lompat ganda di permainan lain tidak akan menghadapi tantangan berarti.

Namun, mereka sangat menyenangkan, terutama berkat musik berenergi tinggi yang dimainkan dan beberapa fase dalam setiap pertempuran. Bahkan seluruh soundtrack dari Ulasan Disney Illusion Island luar biasa – sepenuhnya diorkestrasi, rasanya sejalan dengan musik yang mungkin kita dengar saat berada di Disneyland, dan berubah dengan mulus saat pemain memasuki wilayah yang berbeda di Monoth.

Trek-trek tersebut menyeimbangkan keceriaan dengan sedikit sentuhan misteri, dan saya tidak pernah bosan mendengarkannya, seringkali merasa asyik bernyanyi-nyanyi sendiri. Dengan fokus yang begitu besar pada pengelanaan dalam Ulasan Disney Illusion Island, sangat beruntung bahwa bergerak di sekitar Monoth terasa sangat baik.

Saya akan mengatakan bahwa rasanya cukup mirip dengan sesuatu seperti Rayman Legends dalam hal fisika – karakter-karakter ini ringan ketika bergerak, lincah di udara, dan tanggap saat melompati lereng. Peta sangat besar, dengan banyak ruangan tersembunyi yang berisi barang koleksi yang dapat dicoba dan capai, di antaranya yang paling saya sukai adalah kenang-kenangan yang terinspirasi dari kartun-kartun Mickey klasik.

Juga, ada Hidden Mickeys yang tertata dengan cerdik di latar belakang yang dapat dicari oleh pemain jika mereka ingin melakukannya, dan rasanya sangat memuaskan ketika menemukan salah satunya di tempat yang tidak terduga. Bagi para perfeksionis, titik kontrol ditempatkan secara rapat di seluruh Monoth; menjelang akhir permainan, menjadi mungkin untuk melakukan perjalanan cepat ke salah satunya, membuat tugas menyempurnakan peta yang belum selesai menjadi sangat mudah.

Kesimpulan

Meskipun Ulasan Disney Illusion Island terkadang terasa sedikit terlalu sederhana untuk kebaikannya, pengalaman keseluruhan begitu terampil dan memikat sehingga kesenangan hampir dapat dijamin bagi penggemar Disney dan penggemar permainan platforming.

Ini adalah petualangan yang kreatif dan energik yang mempesona dengan tulisannya dan arah seninya, dan semakin diperkuat dengan sebuah soundtrack yang luar biasa yang menambahkan lapisan magis tambahan pada pengelanaan. Apakah ini adalah platformer pertama Anda atau yang kelima puluh, Ulasan Disney Illusion Island memiliki sesuatu yang ditawarkan hampir untuk semua orang – selama Anda tidak keberatan dengan pendekatan yang santai dan tanpa pertarungan dalam genre ini.