Sparkball

Sparkball, Genre permainan ini telah lama mendominasi industri game dengan judul-judul populer seperti League of Legends, DotA2, dan Heroes of the Storm. Namun, kali ini ada satu permainan yang siap mengguncang dominasi para pemain MOBA. Diperkenalkan oleh tim Sparkadia, game ini adalah perpaduan unik antara permainan olahraga dan MOBA yang akan menghadirkan pengalaman bermain yang lebih seru dan cepat.

Game ini mengusung gameplay dengan pandangan atas (top-down) di mana pemain mengendalikan satu pahlawan (hero) dalam map berbasis objektif, mirip dengan permainan MOBA pada umumnya. Namun, Sparkball dirancang untuk menjadi jauh lebih cepat dan penuh aksi daripada MOBA tradisional.

Review Sparkball

Pertarungan dalam Sparkball sangat intens dan bergantung pada keahlian dalam melempar (skillshot), menghindar, dan mengalahkan lawan, bukan hanya mengumpulkan minion sepanjang waktu! Game ini menggabungkan elemen-elemen tradisional olahraga, seperti dua gol dan pemain yang perlu mencetak poin dalam area tersebut, dengan elemen-elemen permainan MOBA.

Karakter-karakter dalam Sparkball memiliki kemampuan yang berbeda, dapat membeli item, dan memiliki kemampuan ultimate yang dapat mengubah jalannya permainan. Gabungan semua elemen ini membuat Sparkball menjadi permainan yang sangat cepat dan membutuhkan koordinasi tim yang baik untuk mengalahkan lawan.

Dalam permainan Sparkball yang seru ini, dua tim dengan empat pemain masing-masing bertarung untuk menjatuhkan kiper tim lawan dan mencetak gol. Tim yang berhasil mencetak gol terakhir dalam setiap putaran akan menjadi pemenangnya, dan pertandingan dimainkan dalam format best of three.

Seiring berjalannya permainan, pemain dapat mengumpulkan kekuatan tambahan untuk karakter mereka melalui koin emas yang dapat mereka dapatkan dengan mengalahkan lawan dalam pertarungan, menggunakan bola secara strategis untuk melumpuhkan menara, dan menyelesaikan berbagai objektif kecil yang tersebar di seluruh peta.

Keberhasilan sebuah tim membutuhkan kombinasi dari kerjasama tim, koordinasi strategis, dan keseimbangan antara pertarungan dan permainan bola yang baik untuk dapat mengalahkan lawan.

Banyak Pilihan Hero Sesuai Dengan Favorit

Sparkball menawarkan delapan pahlawan unik yang dapat dimainkan dalam acara “Ascension Weekend“, termasuk pahlawan-pahlawan yang sangat disukai seperti ‘Jan Itor’ yang obsesif terhadap kebersihan dan dapat menarik musuh menggunakan plunger (alat penyedot WC)-nya, serta ‘Kana’, seorang koki angkasa terkenal yang kejam dan mampu menghancurkan lawan dengan truk makanannya.

Meskipun Sparkball tidak mengharuskan peran atau posisi tertentu, setiap pahlawan memiliki kemampuan dan atribut yang khas yang memengaruhi jalannya pertandingan dengan cara yang unik, sehingga komposisi tim yang seimbang sangat penting untuk meraih kemenangan.

Namun, ambisi Worldspark tidak hanya sebatas pada Sparkball. Mereka aktif dalam pengembangan IP multimedia mereka, ‘Sparkadia’, sebuah alam semesta fantasi di mana Sparkball berlangsung. Sparkadia membawa pemain ke dalam dunia yang penuh harapan, penuh kehangatan, dan dihuni oleh karakter-karakter yang paling eksentrik.

Salah satu karakter yang menarik perhatian adalah Max, seorang Golden Retriever yang juga merupakan diplomat resmi Sparkadia. Max bukan hanya berfungsi sebagai pemandu kami dalam menjelajahi Sparkadia, tetapi juga sedang dalam pencarian bola tenisnya yang hilang.

Terdapat tiga peran dalam Sparkball, yaitu Vanguard, Assault, dan Support. Setiap peran memiliki kemampuan khusus sesuai dengan posisinya, dan ada beberapa pahlawan yang umum digunakan dalam ketiga peran tersebut dengan penyesuaian minor pada kemampuannya.

Penawaran NFT dengan Kartu

Sparkadia juga menawarkan mekanisme profil gambar NFT yang berfokus pada pahlawan favorit Anda, yang disebut “Hero Cards“. Setiap kartu terdiri dari tiga elemen yang berbeda yang membentuk NFT tersebut.

Hero Cards membuka jalur progresi baru bagi pemain. Mereka dapat memasang taruhan (stake) untuk menerima peningkatan keuntungan pada tiket (ticket pass) mereka, dan mereka dapat memperbaiki potret (portrait) dengan membakar NFT ke dalamnya. Hal ini membuka peningkatan keuntungan tambahan di berbagai area dalam ekosistem dan permainan Sparkadia.

Semakin langka potret tersebut, semakin tinggi level keuntungan yang dapat dicapai oleh pemain. Sebagai contoh, potret dengan tingkat langka mungkin memiliki batas peningkatan keuntungan tiket +5% yang dapat dicapai dengan membakar NFT, tetapi potret dengan tingkat legendaris dapat mencapai batas peningkatan keuntungan tiket +25%.

Dwellings (Tempat Tinggal) adalah tempat perlindungan atau rumah Anda dalam alam semesta Sparkball. Pemain dapat memilih struktur utama dan mempersonalisasi struktur itu sendiri dan ruang di sekitarnya. Semua Dwellings dalam Sparkadia bersifat instanced, yang berarti ruang tersebut tidak dapat diakses secara langsung dari kota utama Sparkadia, tetapi melalui teleportasi.

Ada enam tingkatan Dwellings yang ada dalam Sparkadia:

  • Common (Umum)
  • Uncommon (Tidak Umum)
  • Rare (Langka)
  • Epic (Epik)
  • Legendary (Legendaris)
  • Mythic (Mitik)

Semakin Anda merawat Dwelling Anda dan meningkatkannya, semakin besar peluang untuk mendapatkan akses ke elemen-elemen progresi permainan, kosmetik, progresi hadiah, dan elemen-elemen lain yang dapat digunakan dalam permainan Sparkball dan permainan Sparkadia lainnya.

Cara Memainkan

Sparkball adalah permainan yang bisa dimainkan secara gratis sehingga siapa pun dapat mencobanya. Permainan ini akan meluncurkan NFT drop pertamanya pada bulan September 2022, menawarkan kesempatan kepada pemain untuk mencetak satu dari delapan pahlawan dalam koleksi Origin.

Dengan Sparkball, Anda akan merasakan pengalaman bermain yang belum pernah ada sebelumnya. Gabungan antara permainan olahraga dan MOBA menciptakan dunia yang penuh aksi, cepat, dan membutuhkan strategi tim yang baik.

Jadi, siapkah Anda untuk menyambut permainan Sparkball dan menjadi bagian dari revolusi baru dalam industri game? Ayo bergabung dan tunjukkan keahlian serta kerja tim Anda dalam pertandingan-pertandingan seru Sparkball!