Gordon Ryan

Gordon Ryan, Kita sering mendengar tentang para legenda dalam dunia olahraga. Terdapat nama-nama besar seperti Michael Jordan yang telah mengukir sejarah dalam basket, atau Muhammad Ali yang menjadi ikon tinju. Namun, apakah Anda pernah mendengar tentang Gordon Ryan? Pria ini mungkin tidak sepopuler Michael Jordan, tetapi dalam dunia Brazilian Jiu Jitsu (BJJ), dia adalah fenomena yang patut diperhitungkan.

Gordon Ryan Petarung MMA

Gordon Ryan, yang lebih dikenal dengan julukannya “The King” dalam dunia BJJ, memiliki perjalanan yang menarik. Lahir dan dibesarkan di Monroe Township, New Jersey, Ryan adalah seorang atlet yang memiliki latar belakang yang unik. Seperti kebanyakan dari kita, dia juga memiliki kakak yang suka ‘bermain kasar.’ Inilah awal dari perjalanan Ryan ke dunia pertarungan.

Pada usia 15 tahun, Ryan mulai berlatih Brazilian Jiu-Jitsu di bawah bimbingan Tom DeBlass, seorang black belt terkemuka dalam BJJ dan petarung MMA. DeBlass dengan cepat mengenali bakat luar biasa Ryan dan membawanya ke Renzo Gracie’s gym di New York untuk studi yang lebih mendalam. Dan di sinilah Ryan bertemu dengan mentor dan pelatih jangka panjangnya, John Danaher.

John Danaher adalah sosok yang dapat diibaratkan sebagai otak di balik keberhasilan Ryan. Meskipun banyak yang menggambarkan Danaher sebagai orang yang santai dan ceria, dia adalah salah satu pemikir dan pelatih terbesar dalam dunia bela diri.

Dia mengembangkan pendekatan sistematis dan metodis terhadap leg lock, teknik yang pada waktu itu tidak begitu populer dalam BJJ. Namun, protege Danaher dan timnya mulai memenangkan turnamen dengan metode ini. Dan siapa yang berhasil melakukannya? Tentu saja, Gordon Ryan!

Anda mungkin bertanya-tanya, apa hubungannya semua ini dengan Michael Jordan? Mengapa perbandingan yang kurang terstruktur ini masih berlanjut? Mari kita masuk ke dalam ‘BABAK 2,’ dan Anda akan mengetahuinya.

Michael Jordan, Sang Raja di Dunia Basket

Ketika Michael Jordan bermain basket, dia adalah pemain paling dominan dalam liga NBA. Dia meraih 6 kali gelar juara NBA, 6 kali gelar MVP Final NBA, 5 kali gelar MVP NBA, dan dia masih memegang rekor untuk rata-rata poin selama musim reguler dan rata-rata poin selama playoff.

Jordan adalah pemain yang dianggap sebagai “The Greatest of All Time” atau GOAT. Dia adalah ikon yang tak hanya bagi liga NBA, tetapi juga bagi seluruh dunia olahraga. Namun, apakah Gordon Ryan bisa dianggap sebagai “GOAT” dalam dunia Brazilian Jiu-Jitsu?

Ryan, meskipun tidak begitu populer di kalangan umum seperti Jordan, juga memiliki daftar pencapaian yang luar biasa. Dia adalah juara dunia ADCC sebanyak lima kali, juara dunia IBJJF No-Gi sebanyak dua kali, dan juara Eddie Bravo Invitational sebanyak empat kali. Dengan 54 kemenangan beruntun dan tingkat submit yang mencapai 82%, dia dianggap sebagai pegulat no-gi terhebat sepanjang masa.

Namun, mungkin Anda perlu melihatnya untuk percaya. Jika Anda melihat catatan kemenangan Ryan, Anda akan menemukan rangkaian kemenangan yang luar biasa. Namun, satu pencapaian yang patut dicatat adalah penampilannya yang mengesankan di Kejuaraan Dunia ADCC 2022, yang bisa dianggap sebagai Olimpiade Grappling.

Dalam waktu hanya 2 hari, Ryan berhasil mengalahkan 4 pegulat grappler terbaik di dunia untuk menjadi juara divisi +99kg. Dia mengalahkan Heikki Jussila dengan rear naked choke, Victor Hugo dengan skor 8-0, Roosevelt Souza dengan Heel Hook, dan Nick Rodriguez dengan Heel Hook. Ryan tidak hanya mengalahkan lawan-lawannya, dia mendominasi mereka.

Kontroversi di Balik Kesuksesan

Namun, tidak ada kesuksesan besar tanpa kontroversi. Sama seperti Michael Jordan, Gordon Ryan juga mendapatkan perhatian yang besar, baik dari tindakannya dalam dan di luar matras. Di sepanjang karier Michael Jordan, dia mendapat sorotan negatif karena masalah perjudian, pengabaian terhadap Isiah Thomas dalam Dream Team, dan kebisuannya terkait praktik kerja tidak adil oleh Nike. Tidak selamanya perjalanan mereka mulus.

Ryan juga bukan tanpa kontroversi. Dia sering menjadi topik pembicaraan karena pandangannya tentang penggunaan steroid dalam BJJ, konflik-konflik yang terjadi di dunia maya, hingga perpecahan dalam tim pelatihnya, yang dikenal sebagai “Danaher Death Squad.”

Salah satu kontroversi yang paling mencuat adalah insiden “slap” yang menghebohkan dunia internet. Slap ini bukanlah bagian dari pertandingan resmi, melainkan konfrontasi fisik antara Ryan dan seorang pesaingnya. Slap ini menjadi viral dan seluruh komunitas BJJ memperhatikannya dengan seksama.

Anda mungkin berpikir bahwa insiden semacam ini adalah hal yang biasa terjadi dalam dunia bela diri, tetapi kenyataannya tidak demikian. Brazilian Jiu-Jitsu dikenal sebagai “Seni Lembut” dengan prinsip-prinsip dasar seperti kerendahan hati dan kendali diri. Insiden “slap” ini telah menimbulkan kontroversi dan perdebatan di dalam komunitas.

Namun, seperti yang sering dikatakan, untuk menciptakan sesuatu yang besar, terkadang Anda harus mengambil risiko. Baik Gordon Ryan maupun Michael Jordan adalah atlet elit yang memiliki kepribadian, gaya, dan semangat kompetitif yang luar biasa. Keduanya telah meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam dunia olahraga masing-masing.

Kesimpulan

Apakah gila untuk mengatakan bahwa dia bahkan bisa melampaui Michael Jordan ketika semuanya selesai? Tentu saja, itu terdengar gila, tetapi siapa yang tahu? Gordon. Jordan… Jordan Gordon… Sang raja basket grappler terhebat sepanjang masa. Nah, apa yang saya coba katakan adalah inilah mengapa Ryan dianggap sebagai Michael Jordan dalam Brazilian Jiu-Jitsu.

Jadi, apakah Anda setuju dengan perbandingan ini? Ataukah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Komentar Anda sangat kami harapkan di bawah ini.

Dalam dunia olahraga, ada beberapa legenda yang akan selalu diingat, seperti Michael Jordan dalam basket dan Muhammad Ali dalam tinju. Tetapi dunia olahraga tidak hanya tentang popularitas, tetapi juga tentang dedikasi, keterampilan, dan pencapaian. Ryan mungkin tidak sepopuler Michael Jordan, tetapi dalam dunia Brazilian Jiu-Jitsu, dia telah menjadi legenda yang patut diperhitungkan. Dengan karier yang terus berkembang dan gelar juara yang mengesankan, Gordon Ryan adalah fenomena yang dapat disamakan dengan Michael Jordan dalam dunia BJJ.