Karir Esports

Mendengar kata “esports,” atau “Karir Esports”mungkin yang terlintas dalam pikiran kita adalah dunia kompetisi game yang seru dan menghibur. Namun, tahukah Anda bahwa esports bukan hanya sebatas para pemain yang bersaing di atas panggung, melainkan juga mencakup jalur-jalur produksi yang membentuk fondasi industri ini?

Dalam dunia esports, tak hanya pemain yang menjadi pusat perhatian, tetapi juga staf pendukung yang terdiri dari manajer, pelatih, koordinator pemasaran dan PR, manajer komunitas, serta banyak peran lainnya. Tidak hanya itu, terdapat pula peran penting terkait penyelenggaraan turnamen dan acara esports, seperti komentator dan staf teknis yang bertanggung jawab dalam mengelola kompetisi dan penyiaran.

Karir Esports Punya Potensi yang Besar

Karir Esports adalah industri yang luas dengan beragam peluang yang tidak hanya terbatas pada bidang tersebut, tetapi juga memungkinkan pengembangan keterampilan dalam konteks gametech yang dapat diterapkan dalam berbagai industri lain seperti streaming media, olahraga, game, pemasaran, manajemen komunitas, dan banyak lagi.

Gametech, sebagai bidang teknologi yang berfokus pada pengembangan perangkat dan alat-alat dalam produksi video game, memiliki peran yang tak terpisahkan dalam industri esports. Alat-alat ini meliputi mesin game, alat kreatif, dan alat analitik data.

Semua itu tidak hanya digunakan dalam industri game, tetapi juga telah menyebar ke berbagai sektor lain seperti perawatan kesehatan, simulasi, pelatihan, produksi virtual, aplikasi web interaktif, dan rekayasa. Permintaan akan keterampilan gametech telah meningkat pesat, didorong oleh pertumbuhan pasar game yang pesat, adopsi teknologi imersif, permintaan akan konten interaktif dan “gamified,” serta peralihan menuju metaverse yang semakin nyata.

Dalam konteks ini, Karir Esports menawarkan kesempatan yang menarik bagi individu yang ingin mengembangkan keterampilan yang dapat diterjemahkan ke dalam dunia gametech. Dari pemahaman dasar tentang mekanika game hingga kemahiran dalam teknologi video dan streaming.

Direktur IN4 Grup Memberikan Pandangannya

Ini juga termasuk pemahaman tentang produksi acara, berbagai keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang streamer sukses dapat dengan mudah diterapkan dalam Karir Esports. Simon Benson, Direktur IN4 Group, berbagi pandangannya kepada Esports Insider mengenai masa depan gametech dan esports, serta bagaimana kedua bidang ini dapat saling melengkapi.

Sebagai seorang profesional di bidang gametech, Benson percaya bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan Karir Esports ini. Permintaan akan pembuatan game dan konten interaktif lainnya yang menggunakan Mesin Game semakin meningkat, tidak hanya dalam konteks video game, tetapi juga di setiap sektor bisnis.

Salah satu contoh penggunaan mesin game yang semakin meluas adalah dalam industri arsitektur, di mana arsitek menggunakan Unreal Engine dan Unity untuk memvisualisasikan desain mereka dan membantu mereka memasarkan ruang yang akan dibangun kepada klien mereka. Dalam hal ini, esports memiliki peran penting untuk memenuhi permintaan tersebut.

3 Aspek Pentin

Ada tiga aspek penting dari pengetahuan esports yang dapat memberikan keuntungan bagi individu yang tertarik pada karir gametech. Pertama, pemahaman tentang desain game dapat diperoleh dengan mempelajari gameplay kompetitif.

Penggemar esports memiliki pemahaman yang mendalam tentang cara membuat peta atau level yang menantang, menghibur untuk dimainkan, dan menarik untuk ditonton. Mereka juga memiliki pengetahuan yang kuat mengenai pentingnya menjaga integritas kompetitif dalam desain game.

Dengan pemahaman mendalam mengenai prinsip-prinsip permainan tersebut, seseorang dapat memperoleh posisi kepelatihan di tim esports, dan sebaliknya, pengalaman bekerja di dunia esports dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam bidang desain game.

Aspek kedua adalah berkaitan dengan sektor streaming yang sedang berkembang pesat. Seorang streamer harus memiliki pengetahuan yang baik tentang berbagai solusi perangkat lunak dan perangkat keras gametech untuk meraih kesuksesan.

Di sini, keahlian dalam teknologi streaming dapat memberikan keuntungan dalam distribusi dan pembuatan konten. Sebaliknya, seorang pembuat konten yang memahami teknologi streaming dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan yang fokus pada pembuatan konten semacam itu, seperti pemasaran digital atau manajemen media sosial.

Terakhir, pengalaman dalam penyelenggaraan turnamen dan acara esports dapat membantu meluncurkan karier dalam manajemen acara, pemasaran, manajemen proyek, dan manajemen komunitas. Dalam dunia esports, penyelenggara turnamen dan acara bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pemain dan penonton.

Mereka harus memiliki keterampilan dalam mengatur segala aspek yang terkait dengan acara, termasuk koordinasi dengan berbagai pihak terkait, promosi, manajemen komunitas, dan sebagainya. Keahlian ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan manajemen acara, sehingga pengalaman dalam esports dapat menjadi modal yang berharga dalam membangun karier di luar industri ini.

IN4 Group Sebagai Pelopor

IN4 Group, sebagai salah satu pelopor dalam industri esports, terus memperluas kehadirannya dalam dunia ini. Salah satu wujud nyatanya adalah fasilitas esports yang berlokasi di Media City, Salford, Manchester. Fasilitas ini menyediakan area turnamen, ruang pelatihan dan pembinaan, serta ruang permainan kasual.

Selain itu, terdapat juga ruang kelas tradisional dan ruang khusus untuk PC game yang dilengkapi dengan kemampuan pembuatan dan produksi konten, kit VR dan AR, serta perangkat keras dan perangkat lunak kelas atas lainnya.

Dalam era digital yang terus berkembang, Karir Esports telah menunjukkan potensinya yang luar biasa. Esports tidak hanya menjadi hiburan yang mengasyikkan, tetapi juga membuka pintu menuju dunia gametech yang penuh peluang.

Dengan pemahaman mendalam tentang desain game, keahlian dalam teknologi streaming, dan pengalaman dalam penyelenggaraan acara esports, individu dapat mengembangkan keterampilan yang sangat bernilai dalam industri gametech.

IN4 Group sebagai pelopor dalam industri ini terus berupaya meningkatkan kehadirannya dan memberikan fasilitas yang mendorong perkembangan Karir Esports dan gametech. Maka tidak heran jika karir esports telah menjadi jembatan yang menarik bagi mereka yang ingin mengeksplorasi dunia gametech dan mencapai kesuksesan di berbagai industri yang terkait. Dalam perjalanan menuju metaverse yang semakin nyata, karir esports menjadi satu-satunya kunci untuk membuka gerbang menuju dunia gametech yang penuh potensi.