IGDX 2023

IGDX 2023 akan segera hadir kembali. Kemkominfo dan AGI telah kembali mengukir prestasi gemilang dengan penyelenggaraan acara tahunan terbesar bagi para pelaku industri game di Indonesia, yaitu Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2023.

Acara yang telah berlangsung sejak bulan Mei lalu ini berhasil mencatatkan kesuksesan yang menggiurkan, menjadi tahun keempat kolaborasi yang luar biasa antara Kemkominfo dan AGI. Pada kesempatan kali ini, IGDX hadir dengan penuh keceriaan, membawa berbagai kejutan, dan menghadirkan kekayaan informasi yang sangat berharga bagi para pengembang game Tanah Air.

IGDX 2023 Jadi Bukti Dukungan Pemerintah

IGDX 2023 merupakan bukti konkret bahwa sinergi antara pemerintah dan industri kreatif merupakan kombinasi yang luar biasa, menciptakan sebuah panggung megah yang menampilkan para pemangku kepentingan utama dari industri game di tingkat nasional maupun global.

Bagaimana tidak, IGDX hadir sebagai ajang pertemuan para pengembang game, yang dengan penuh keikhlasan berbagi pengetahuan dan wawasan. Tidak hanya itu, penerbit game pun turut meramaikan acara ini dengan semangat kolaborasi yang membangun peluang kerja sama bisnis.

IGDX tahun ini jauh melampaui batas-batas ekspektasi,” ucap Ketua Umum AGI, Cipto Adiguno, dengan penuh antusiasme.

“Kami berusaha menggali pembelajaran dari tahun-tahun sebelumnya, dan hasilnya terpancar pada IGDX 2023 yang dirancang dengan lebih baik melalui perencanaan dan komunikasi yang lebih awal. Dukungan pemerintah juga semakin efektif, dan semakin banyak partisipasi dari para pelaku industri internasional.”

“Semua ini tak lepas dari dukungan Kominfo yang tak tergantikan, yang mampu membawa IGDX pada skala dan jangkauan yang begitu besar. AGI pun memberikan masukan dan arahan dari sisi industri, termasuk pemilihan mentor, undangan bisnis, dan format acara,” tambahnya.

Menelusuri berbagai rangkaian kegiatan dalam IGDX 2023, akan kita jumpai beragam acara menarik yang patut diacungi jempol. Salah satunya adalah IGDX Academy, sebuah forum memukau yang mempertemukan 27 pengembang game Indonesia dengan mentor-mentor berpengalaman, baik dari lokal maupun internasional.

Banyak Acara di Dalamnya

Tak kalah menarik adalah IGDX Career, yang telah menghubungkan talenta-talenta berbakat dari industri game lokal dengan perusahaan-perusahaan terkemuka. Sementara itu, IGDX Business telah memberikan wadah yang ideal bagi para pengembang game Tanah Air untuk bertemu dan berdiskusi dengan para pebisnis profesional yang telah berpengalaman di industri game.

Dan siapa yang bisa mengabaikan pesona IGDX Conference? Sebuah seminar sehari yang berhasil menghadirkan para pembicara utama dari Pemerintah, tokoh-tokoh penting dalam bisnis game, investor, dan industri terkait.

Kemeriahan acara ini pun tak akan lepas dari agenda puncak yang diagendakan pada tanggal 11 hingga 13 Oktober 2023 di Hotel The Stones, Kuta, Bali. Melalui penambahan format acara yang inovatif, 27 peserta IGDX Academy akan memamerkan karya mereka di area showcase, ditambah dengan 13 developer game terpilih yang telah melalui proses kurasi dengan cermat.

Tujuan dari showcase ini begitu mulia, di mana para peserta Conference, yang sebelumnya telah mendaftar melalui website resmi IGDX, bersama dengan calon partner bisnis di IGDX Business, akan terpukau dengan kepiawaian para pengembang game Tanah Air.

“Pendaftar IGDX Academy tahun ini sungguh beragam, mereka datang dari berbagai pelosok Indonesia. Hal ini membuktikan semakin luasnya ekosistem dan potensi pengembangan industri game di Tanah Air. IGDX Academy menjadi begitu penting, tidak hanya untuk meningkatkan kapabilitas produksi, namun juga jaringan investasi yang tak ternilai harganya,” ujar Direktur Ekonomi Digital Kominfo, I Nyoman Adhiarna, dalam sebuah keterangan tertulis yang diterbitkan pada Selasa, 24 Mei 2023.

Visi Acara Ini Digelar

Visi IGDX 2023 pun sungguh jelas dan membara, yaitu untuk menjadi katalisator transformasi positif dan berkesinambungan dalam lanskap pengembangan game di Indonesia. Dengan menghadirkan acara-acara yang telah dikurasi secara cermat dan mengumpulkan komunitas profesional yang bersemangat, IGDX 2023 berusaha keras untuk mendorong industri game Indonesia meraih puncak kejayaan yang tak terhingga.

Semangat IGDX 2023 pun kian bergelora, mengundang para pemain game Indonesia untuk berpartisipasi aktif, meraih keahlian teknis dan kemampuan bisnis yang unggul.

Bergabunglah dalam gelombang inspirasi dan kolaborasi yang tak terlupakan, karena IGDX 2023 telah resmi digelar oleh KEMKOMINFO & AGI. Yuk, berkreasi dan berinovasi bersama-sama menuju masa depan yang cerah dalam industri game Indonesia!