Ulasan Atomic Heart

Ulasan Atomic Heart, tak ada yang dapat meragukan daya tarik mendalam dari permainan video. Saat kita merambah dunia virtual, kita seakan ditarik ke dalam aliran narasi yang memikat dan sensasi bermain yang tak terlupakan.

Namun, seperti pepatah mengatakan, “ada mata yang tidak memandang usia“. Sebuah studio baru bernama Mundfish telah muncul ke panggung permainan video dengan karya pertama mereka yang sangat dinantikan, yaitu “Ulasan Atomic Heart.”

Permainan ini telah dibandingkan dengan seri BioShock oleh para pengulas, dan sebagian besar perbandingan ini memang pantas. Namun, ketika kita memperhatikan lebih dalam, ada elemen-elemen tertentu dalam Ulasan Atomic Heart yang membuatnya unik dan tak dapat dibandingkan dengan yang lain.

Ulasan Atomic Heart Game PS5

Mungkin Anda bertanya-tanya, jika permainan ini dibandingkan dengan BioShock, apa esensi dari Atomic Heart ini? Ulasan Atomic Heart mengambil latar belakang di Rusia pada tahun 1955. Pada masa itu, ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kekuatan pendorong utama.

Pemerintah Rusia berfokus untuk menggunakan keduanya guna memberikan kesempatan bagi warga biasa untuk mewujudkan impian mereka, bukan hanya berkerja keras dalam pekerjaan yang monoton. Untuk itu, mereka mengandalkan robot-robot canggih yang didesain untuk memudahkan kehidupan sehari-hari.

Namun, seperti yang sering terjadi dalam cerita fiksi ilmiah, hal ini berubah secara drastis ketika robot-robot yang diciptakan untuk kebaikan manusia tiba-tiba membelot dan mengancam nyawa manusia. Tidak hanya itu, eksperimen ilmiah rahasia yang dilakukan oleh para ilmuwan tak bertanggung jawab telah melahirkan monster-monster mutan yang mengerikan.

Seperti yang dapat Anda duga, tugas besar ini jatuh pada pundak Anda, Mayor Intelijen “P-3,” untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi dan menghentikan semua ancaman ini sebelum mereka memusnahkan semua orang.

Gameplay FPS yang Berbeda

Ulasan Atomic Heart pada dasarnya adalah permainan tembak-menembak orang pertama (first-person shooter) yang handal dan berhasil menghadirkan beragam senjata untuk memberi Anda sensasi kekuatan yang luar biasa di ujung jari Anda. Selain senjata api, Anda juga dapat menggunakan berbagai senjata tajam yang memungkinkan Anda untuk bertempur dengan lebih dekat dan personal jika Anda memilih jalur tersebut.

Semua senjata ini memiliki beragam perbaikan (upgrades) yang dapat Anda temukan saat menjalani permainan. Anda dapat membeli perbaikan-perbaikan ini dari NORA, mesin penjual perbaikan yang selalu haus, menggunakan berbagai benda dan barang yang Anda kumpulkan dari hasil merampok setiap sudut dan celah yang Anda temui. Di atas semua itu, Anda juga mendapatkan Char’les, sarung tangan tempur andalan Anda, sejak awal permainan.

Sarung tangan ini memberi Anda kemampuan, antara lain, untuk menyerang musuh dengan ledakan listrik dan mengumpulkan semua item yang berguna di dalam ruangan seketika ke dalam saku Anda, sehingga Anda tidak perlu memeriksa satu per satu setiap laci, lemari, dan kabinet.

Pertarungan dalam Ulasan Atomic Heart cukup memuaskan, dan memiliki pilihan untuk memilih antara menyerang dengan senjata api secara frontal atau bersikap stealthy untuk melakukan serangan mendadak kepada musuh memberikan pemain lebih banyak kendali tentang bagaimana Anda ingin menghadapi rintangan yang ada di depan Anda.

Di awal permainan, saya menemukan senapan patah dan kapak, namun keduanya terasa sangat lemah, dan saya kesulitan mengalahkan beberapa jenis musuh pertama yang saya temui. Namun, seiring berjalannya waktu, saya berhasil menemukan perbaikan untuk masing-masing senjata, serta resep untuk membuat lebih banyak amunisi, dan nasib saya mulai berbalik.

Pertarungan bisa sangat sengit terkadang, karena tidak ada fitur kunci berfokus pada target (lock-on) dalam permainan ini. Namun, begitu saya terbiasa dengan gerakan karakter, saya berhasil keluar sebagai pemenang. Musuh-musuh memiliki serangan khusus yang sangat mematikan dan bisa membuat Anda terkapar di tanah serta mengurangi kesehatan Anda menjadi nol dalam waktu singkat jika Anda tidak berhati-hati, jadi memahami pola serangan mereka dan menghindari serangan tersebut adalah kunci.

Ketagihan dalam Genggaman

Atomic Heart memang tidak membawa sesuatu yang baru atau istimewa dalam genre tembak-menembak orang pertama dari segi gameplay, namun saya harus mengakui bahwa ini adalah langkah awal yang layak bagi sebuah studio yang baru saja memulai perjalanannya. Ceritanya cukup baik untuk membuat Anda penasaran tentang apa yang ada di tikungan berikutnya, meskipun bukanlah cerita yang akan banyak dibicarakan di sekitar kantor air.

Gameplay-nya benar-benar menyenangkan dan tidak memiliki banyak masalah bug seperti banyak permainan yang telah dirilis belakangan ini. Banyak gamer yang mungkin akan mengabaikan permainan ini, tetapi itu akan menjadi kerugian bagi mereka.

Ada banyak game berat lain yang akan diunduh ke hard drive tahun ini, dan Atomic Heart akan segera terlupakan. Namun, jika Anda tidak memiliki apa-apa untuk dimainkan sambil menunggu peluncuran salah satu game raksasa tersebut, mengapa tidak mencoba permainan ini?

  • Tingkat kesulitan gameplay – 8/10
  • Kualitas plot dan penulisan – 7/10
  • Desain dan Visual yang Luar Biasa – 9.5/10
  • Nilai keseluruhan – 8.2/10

Ulasan Atomic Heart adalah petualangan yang memukau melalui realitas alternatif era atom-punk Soviet Rusia. Dengan visual yang memanjakan mata, pertarungan yang cepat dan seru, serta gameplay tembak-menembak yang layak, permainan ini layak untuk dicoba.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Atomic Heart adalah bukti nyata kemampuan studio Mundfish dalam menciptakan permainan yang menarik dan menghibur. Jadi, jika Anda mencari pengalaman gaming yang menarik sambil menunggu game besar lainnya, Ulasan Atomic Heart adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.