Anime Belle

Anime Belle (Ryu to Sobakasu no Hime) 2021 adalah karya terbaru sutradara Mamoru Hosoda yang telah melambungkan namanya melalui film-film anime ternama seperti ‘Summer Wars’ dan ‘Wolf Children’. Film ini pertama kali dirilis di Jepang pada pertengahan 2021 dan mendapat apresiasi yang luar biasa.

Selain itu, Anime ini mendapatkan standing applause selama 14 menit di Festival Film Cannes 2021. Kini, ‘Belle’ telah hadir di Indonesia pada awal tahun 2022, menjadi film animasi pertama dalam kelas festival yang diputar di bioskop-bioskop Tanah Air.

Sinopsis Anime Belle (Ryu to Sobakasu no Hime) 2021

Belle, atau dalam bahasa Jepang dikenal sebagai ‘Ryu to Sobakasu no Hime’ yang berarti ‘Naga dan Sang Putri dengan Wajah Berbintik‘, mengisahkan tentang seorang gadis bernama Suzu yang hidup di Kochi, Shikoku. Suzu bukanlah sosok yang menonjol di sekolahnya, namun suatu hari ia memasuki dunia virtual bernama ‘U’, tempat di mana ia dapat menggali potensi tersembunyi dalam dirinya.

Ketika berada di dalam ‘U’, sebuah dunia maya dengan jutaan pemain dari seluruh dunia, Suzu berubah menjadi karakter Belle, seorang penyanyi cantik dan terkenal yang diakui oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. Namun, konser Belle diganggu oleh makhluk misterius berupa naga bernama Ryuu. Ryuu menjadi lawan Belle yang membingungkan dan menarik perhatian mayoritas pengguna ‘U’ di seluruh dunia. Perjalanan Belle dan Ryuu menjadi terkait erat, baik dalam dunia nyata maupun dunia virtual.

Visual Dinamis yang Memukau Mata

Salah satu keunggulan anime karya Mamoru Hosoda adalah penggabungan teknik animasi klasik 2D dengan visual 3DCG yang memukau. Setiap latar belakang tempat dalam film ini dihadirkan dengan pewarnaan yang ciamik dan menyatu dengan animasi objek dan karakter yang ada.

Perbedaan yang mencolok antara dunia virtual dan dunia nyata dalam ‘Belle’ semakin memperkaya visualnya. Tidak hanya karakter Belle yang menarik perhatian, tetapi juga karakter-karakter lainnya yang beragam, mulai dari pasukan superhero hingga makhluk aneh seperti yang ada dalam dunia alien. Jika Anda telah mengikuti karya-karya sebelumnya dari Mamoru Hosoda, seperti ‘Digimon Adventure’, ‘Summer Wars’, dan ‘Mirai’, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam segi visual pada anime ini.

Skor Musikal yang Memesona

Tidak hanya memanjakan mata, anime ini juga menyuguhkan telinga kita dengan skor musikal yang memukau dan tepat. Terutama saat Belle menyanyikan lagu-lagu di dalam dunia virtual yang selalu digambarkan sebagai ruang yang luas tanpa batas dengan elemen-elemen digital yang mencirikan dunia data.

Karakter Belle, sebagai seorang penyanyi terkenal, sangat bersatu dengan suaranya yang indah. Kaho Nakamura, seorang penyanyi dan penulis lagu, mengisi suara dan lantunan lagu Belle dengan sempurna. Yang membuat film ini semakin mengesankan adalah keselarasan antara musik pengiring dan suara nyanyian yang sangat seimbang.

Selain karakter utama Suzu, pengisi suara karakter lainnya, seperti Takeru Satoh dan Lilas Ikuta, juga merupakan pengisi suara terbaik dalam industri ini.

Plot yang Menyentuh dengan Karakterisasi yang Terukur

Anime Belle ini akan mengingatkan kita pada film-film sebelumnya karya Mamoru Hosoda, seperti ‘Digimon Adventure’ atau ‘Summer Wars’, yang menyoroti dunia virtual dan peran media sosial yang terus berhubungan dengan dunia nyata. Konflik yang dihadirkan dalam ‘Belle’ sangat beragam dan mampu menyentuh hati.

Banyak yang menilai bahwa film ini sangat menyentuh karena menggambarkan masalah kehidupan nyata yang berseberangan dengan dunia virtual. Meskipun yang ditekankan hanya kehidupan seorang siswi sekolah beserta segala problematikanya, kisah Suzu dan teman-temannya berhasil disampaikan tanpa perlu membingungkan penonton dengan alur cerita yang rumit.

Karakter utama, Suzu, memang terkesan lembut dan tidak menonjol, bahkan ketika berada dalam karakter Belle, ia tampak ragu dan mencari jati diri. Di sisi lain, karakter Ryuu, sebagai sosok naga misterius, memiliki daya tarik tersendiri dengan misteri yang melekat padanya. Meskipun hubungan antara karakter-karakter tersebut tidak begitu jelas, alur cerita tetap memikat hingga akhir.

Walaupun hubungan antar karakter terbilang sederhana, cerita dalam anime ini menjadi lebih ringan dan memungkinkan penonton untuk fokus pada aspek visual dan skor musikal yang megah. Anime ini terinspirasi dari cerita legendaris ‘Beauty and the Beast’, dan berhasil menghadirkan interpretasi yang unik dan memukau.

Kesimpulan

Anime Belle (Ryu to Sobakasu no Hime) 2021 adalah sebuah karya yang penuh dengan nuansa festival film. Dalam cerita yang sederhana, film ini mampu menghubungkan antara masalah kehidupan nyata dan dunia virtual. Dengan karakter utama yang merupakan seorang siswi sekolah, anime ini semakin memperkuat ciri khas Mamoru Hosoda yang gemar mengangkat kehidupan anak sekolah dan permasalahannya.

Atmosfer yang sulit untuk dilewatkan dari setiap adegan dalam film ini. Ditambah lagi, anime belle tidak hanya menghadirkan keindahan visual, tetapi juga mempersembahkan cerita yang mengharukan dan penuh makna. Belle mengajarkan kita tentang pentingnya menggali potensi tersembunyi dalam diri kita, menemukan jati diri, dan menghadapi konflik dengan keberanian.

Dengan pengaruh legendaris dari cerita ‘Beauty and the Beast’, Anime Belle (Ryu to Sobakasu no Hime) 2021 menawarkan pengalaman menonton yang tak terlupakan bagi para pecinta anime dan penikmat karya Mamoru Hosoda. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan keajaiban dunia virtual dalam Anime Belle (Ryu to Sobakasu no Hime) 2021 ini.

Visual dan audio dalam film ini sangat memanjakan penonton, menciptakan kepuasan tersendiri saat menontonnya di dalam bioskop. Penggabungan animasi 2D dengan 3D dan efek visual lainnya sungguh memukau dan sulit untuk melepaskan pandangan dari setiap adegannya.