Aliens Dark Descent

Aliens Dark Descent adalah permainan yang hadir untuk memikat hati para pemain dalam dunia gelap yang menegangkan, menantang sensasi melawan makhluk asing yang mengerikan. Terinspirasi dari seri Xcom yang terkenal, permainan strategi waktu nyata ini memberikan pengalaman yang jauh lebih mendalam dan mencekam.

Bukan sekedar permainan biasa, game ini menyuguhkan sebuah perjalanan emosional yang mampu menggugah hati setiap pemain yang berani menjelajahi kegelapan. Kehidupan dalam permainan ini terasa begitu bebas, seolah-olah kita berada di dunia nyata yang penuh teka-teki.

Begitu masuk ke dalamnya, kita harus berpikir cerdas dan merencanakan strategi untuk menggerakkan pasukan dan menghadapi berbagai situasi. Namun, hal yang menarik adalah bagaimana permainan ini mampu menghadirkan rasa tegang dan mencekam, layaknya yang kita temui dalam film-film klasik Alien yang telah membuat kita jatuh cinta.

Aliens Dark Descent Sajikan Gameplay Menarik

Permainan ini benar-benar terbangun di atas gameplay yang penuh kebebasan, namun tak lupa memberikan porsi besar stres dan kecemasan bagi para pemainnya. Seperti sebuah cerita Alien yang klasik, kita diajak untuk merasakan bagaimana emosi kita ketika berhadapan langsung dengan makhluk Xenomorph yang menakutkan.

Secara mengejutkan, gameplay Aliens Dark Descent mengingatkan pada permainan papan Alien RPG yang mengandalkan tingkat stres dan kecemasan untuk mempengaruhi performa pemain. Aliens Dark Descent juga menyajikan hal serupa.

Pasukan yang kita kendalikan dapat merasakan stres dan kecemasan selama pertempuran, yang dapat menyebabkan mereka kehilangan fokus. Kita pernah mengalami bagaimana dua anggota pasukan marinus menjadi sangat stres ketika terjebak dalam perangkap di sebuah pabrik daging, dan beberapa saat kemudian, mereka dihantui oleh Xenomorph dan menghilang begitu saja. Dua anggota pasukan lainnya dengan susah payah selamat dari maut.

Hal ini menarik karena bukan hanya pemain yang merasakan stres dalam situasi tegang seperti itu, tetapi juga para anggota pasukan (yang pada gilirannya membuat pemain semakin stres). Aspek lain yang menambah ketegangan dalam Aliens Dark Descent adalah tingkat infestasi di dalam Aliens Dark Descent. Sebelum membahas lebih lanjut, marilah kita melihat sedikit gambaran tentang cerita di balik Aliens Dark Descent.

Kisah dimulai ketika kita mengendalikan Administrator Hayes di atas Stasiun Pioneer yang mengorbit di planet Lethe. Semuanya berjalan lancar hingga saat seorang insinyur curiga memutuskan untuk mengambil alih kendali unit kontaminasi biohazard dan membuka kedua kontainer kargo dan pod cryo.

Dalam in Game yang Tidak Bisa di Tebak

Tentu saja, seperti tradisi ‘Alien’, semuanya dimulai pelan-pelan, menciptakan suasana untuk peristiwa besar. Dan peristiwa besar itu tiba ketika Administrator Hayes mendapatkan laporan tentang kejadian aneh di dek kargo dan menemukan bahwa semuanya berubah menjadi pemandangan pembantaian.

Inilah saat pertama kali kita melihat Xenomorph, namun situasi menjadi semakin mencekam ketika kami kembali ke jembatan dan puluhan Facehugger bermunculan dari ventilasi dan menyerang kru yang tak berdaya.

Berhasil meloloskan diri, kami kemudian memulai Protokol Cerberus, sebuah prosedur pengendalian planet dengan menggunakan satelit dan rudal untuk mempertahankan karantina. Rencana kami adalah menghancurkan kapal pasokan Bentonville yang berusaha melarikan diri dari stasiun untuk mencegah penyebaran wabah Xenomorph. Awalnya, rencana itu berhasil dan kapal itu hancur, namun kapal lain, Baldrin, yang berada dekat Pioneer, juga hancur, dan fregat Marinir Kolonial, USS Otago, rusak parah dan terdampar dalam orbit yang terhuyung-huyung.

Singkat cerita, kami berhasil meninggalkan Stasiun Pioneer dengan satu pasukan marinir kolonial yang dipimpin oleh Sersan Jonas Harper, yang memiliki kemampuan genetik unik yang menghubungkannya dengan pikiran koloni Xenomorph, memungkinkan dia merasakan keberadaan mereka (kemampuan ini juga disebutkan dalam novel Audible, Alien: River of Pain). Mereka kemudian terdampar di planet Lethe setelah mengalami kecelakaan pesawat.

Otago kemudian menjadi basis operasi kami, memungkinkan akses ke tempat-tempat seperti gudang senjata untuk membeli dan mengembangkan senjata baru, barak untuk merekrut pasukan baru, dan rumah sakit untuk merawat anggota pasukan yang terluka (dan masih banyak lagi).

Banyak Ketegangan dan Kejutan

Kembali ke tingkat infestasi di Aliens Dark Descent, hal ini memberikan nuansa mencekam dalam permainan, karena semakin lama kita menunggu, semakin tinggi tingkat infestasi planet. Hal ini menambah ketegangan sambil memberikan lebih banyak Xenomorph yang datang mengejar kita selama misi. Ia menjadi elemen permainan yang sangat tepat dan cocok untuk alam semesta ‘Alien’.

Satu hal yang sempat membuat kita khawatir adalah bagaimana Aliens Dark Descent akan menangani ketegangan jika kita bisa dengan mudah menjelajahi peta terpisah dari pasukan kita (seperti dalam kebanyakan permainan RTS). Kita pikir hal itu akan membocorkan keberadaan Xenomorph dan mengurangi sensasi ancaman yang mengintai.

Namun, hal itu ternyata tidak terjadi. Meskipun kita memiliki alat pemantau gerak dengan bleep ikonik untuk memberi tahu kita kapan Xenomorph berada di dekat kita, namun kecuali area yang terang di sekitar pasukan kita, kita tidak akan dapat melihat musuh mendekat sampai mereka berada dalam jangkauan pandang pasukan kita.

Ini adalah pilihan gameplay yang sangat cerdas, karena kita benar-benar merasa berada di sepatu pasukan kita, hanya bisa melihat apa yang mereka lihat, dan membuat setiap pilihan dan perintah terasa penting dan berpotensi mengancam nyawa.

Grafis yang Memukau

Dari segi grafis, Aliens Dark Descent memiliki gaya seni yang memukau dengan pencahayaan atmosfer yang khas dari alam semesta ‘Alien’. Akting suara luar biasa dengan beberapa suara yang sungguh menakjubkan sepanjang permainan. Musiknya sungguh menakutkan pada saat-saat tertentu dan memiliki referensi nostalgic dari film-film judul ‘Alien’.

Tetapi, yang paling menarik adalah desain suara yang benar-benar menakjubkan. Setiap tembakan senapan pulsa, bunyi detektor gerak, dan raungan Xenomorph terdengar autentik. Suara digunakan dengan sangat baik untuk menciptakan ketegangan dan membuat pengalaman permainan Anda mencekam.

Secara keseluruhan, kita sangat menikmati pengalaman yang menyenangkan dengan Aliens Dark Descent yang memberikan cerita ‘Alien’ yang sempurna sambil memperkenalkan gaya gameplay yang baru dan langsung membuat kita jatuh cinta padanya.

Di sini, kita bisa merasakan bagaimana sensasi melawan Alien yang sebenarnya, mempertaruhkan hidup dan mati di dalam dunia yang menakutkan. Inilah yang membuat Aliens Dark Descent ini begitu informatif dan menggugah. Mari bergabunglah dalam perjalanan melawan Alien yang menegangkan, dan rasakan sendiri sensasi tak terlupakan dalam menghadapi ancaman yang mengintai di setiap sudut kegelapan.